Tuesday, October 10, 2006

Saat berpuasa...

Setiap orang pasti punya pengalaman beda'' selama menjalani ibadah puasa. Begitu juga aku . Selama 4 tahun lebih or 5 tahun (??) kuliah di STTS dimana muslim menjadi minoritas (kalo ga salah kurang dari 1% muslimnya... mungkin sekarang dah naik... tapi ga tau berapa.... tapi yang jelas ga sampe 5% hehehe ) pengalaman puasa jadi sesuatu yang "beda". Pertama kali saat menjalankan puasa di STTS, berasa sedikit "aneh" karena kantin dan warung-warung makan tetep buka seperti biasanya. Apalagi melihat temen-temen makan dan minum di siang bolong yang terik banget, di saat bulan Ramadhan adalah pemandangan yang biasa banget . Dulu sih, waktu tahun pertama dan kedua masih kuat gitu... (meskipun sedikit shock hehehe ) masih inget banget, waktu semester 2, masih rajin ikutan kegiatan Taekwondo... (jadi kangen... ). Waktu itu aku masih puasa, mana latihan Taekwondo pake pemanasan, lari'' dan loncat'' gitu sampe keringetan, tapi Alhamdulillah, tetep kuat melaksanakan puasa. Malah, aku punya kebiasaan, nemeni temenku makan siang, dan so far, it's OK kok... .Masuk tahun ketiga di STTS, terjadi penurunan kualitas ibadah puasa. Masih inget, waktu itu yang bisa aku lakukan hanya mengeluh dan mengeluh saja, yang surabaya panas banget, yang puasanya berasa lama banget, yang inilah... yang itulah... Pokoknya isinya lebih banyak mengeluh... Tadarrus jarang banget, sholat taraweh di masjid juga bolong''... pokoknya tahun kedua di STTS, puasanya mengalami penurunan kualitas iman banget...

Masuk di tahun keempat, Alhamdulillah Allah masih sayang ma aku, masih diberi hidayah dan petunjukNYA . Aku lebih khusu' dalam menjalankan puasa. Sering diajakin temen'' kampus, yang meskipun minoritas, kita sering tadarrus bareng di musholla kampus (kalo bareng'' tadarrusnya, capek dan males berasa menguap... ), lebih sering taraweh di masjid. Bahkan di tahun ketiga ini, pertama kalonya aku diajakin Ibu I'tikaf di mesjid. Pertama kali pasti ada rasa enggan, males, tapi diniatkan Lillahi ta'ala, Alhamdulillah, enggak berat kok Rasanya waktu di mesjid itu, aku merasa kalo aku ini enggak ada apa-apanya, merasa kecil sekali di hadapanNYA. Jadi kenapa aku masih takabur dan bersombong diri di hadapanNYA? Meskipun saat itu panas terik masih berasa di Surabaya, dan masih pake bemo kemana-mana (belum dapet hibah motor waktu itu ), tapi berasa ikhlas aja. Aku tau kalo aku lebih beruntung daripada mereka anak-anak jalanan yang setiap hari di perempatan lampu merah kepanasan, hanya untuk mencari sesuap nasi...

Masuk tahun kelima di kampus, berusaha lebih ikhlas dalam menjalani ibadah puasa. Seminggu terakhir kemaren, masuk minggu kedua MidTest, mana jadwalnya lumayan penuh gitu....jadinya taraweh di mesjid bolong'' deh.... Sekarang dah kelar, jadinya masih diusahakan buat taraweh... semoga ga banyak godaan, yang bikin bolong'' lagi.... apalagi menjelang 10 hari terakhir....Lailatul Qodar kan... . Kemaren ada waktu panas''nya surabaya, waktu di jalan, sempat ada temen'' yang 'nyeletuk' "kayaknya es tebu enak yah..?" ... Lucu aja... Padahal kemaren kita naek mobil... ya secara, menurut pemikiranku ga terlalu panas, tapi aku tau kok, kemaren temen''ku itu habis kerja bakti gt deh.. jadi kecapekan.. mungkin jika diniati lebih ikhlas, insyaAllah gimanapun kondisi kita saat itu, gimanapun panasnya waktu itu, kita akan kuat menjalankannya... Kalo enggak kuat, mana mungkin Allah sampe mewajibkan kita puasa kan... . Ada seorang teman yang bilang, "Allah itu enggak adil, coba bayangin di Indonesia dan di daerah Eropa kan waktunya dalam menjalankan puasa beda, apalagi disana lagi summer". Hmmmm jujur aku ga tau jawabnya, tapi aku ga brani bilang gt... Bagiku, enggak sepatutnya kita men-judge Yang Maha Sempurna kan... Apa pun alasannya, kita enggak boleh menghakimi Allah, kan.... Allah pasti punya alasan mengapa dia membuat perbedaan waktu kan... (Buat yang tahu alasannya, let meknow yah... aku juga penasaran soalnya ). Buat yang merasa, jangan merasa tersinggung yah, ini cuma masalah pandangan terhadap suatu hal, kalo pun ada beda, semoga kita dapat mengambil hikmahnya kan...

*Senengnya, akhirnya bisa keturutan bikin acara Buka Bersama ma anak'' yatim bareng temen'' milist.... . Mau lanjut sahur on the road kah...? Aku enggak bermaksud pamer ato apa... aku nulis juga buat aku sendiri, sambil sharing pengalaman puasa ajah.... *

posted by Rere @ 16:08,


2 Comments:

At 10 October, 2006 16:54, Anonymous Anonymous said...

kayaknya es tebu enak yah..?"
Hahahahahahahahahahahahahaha, itu hanya bercanda.................., mungkin klewatan juga sih bercandanya......................

re ada yang gak bisa dinalar lagi klo puasa di kutup utara..., klo dikutup utara malah panjang banget antara waktu terbitnya matahari ama terbenamnya matahari. ada yang enak klo pas puasa... tinggal di kutup selatan coz jarak matahari terbit dgn tanggelamnya pendek banget.


:)  

At 11 October, 2006 09:56, Anonymous Anonymous said...

Ga kok....
aku tau kalo kamu becanda.... cuma ini sebagai pemikiran buat aku ajah....
tenang aja, aku tau kok kamu becanda... kamu kan seneng guyon... :)

emang ada hal-hal yang enggak bisa dinalar
karena pikiran kan terbatas....
hanya DIA yang tahu alasannya kan... ^_^

Makasih komennya yah.... :)